Jumat, 16 Desember 2011

Stem Cell 2

tem sel (stem cell) adalah sel yang belum berdiferensiasi dan mempunyai potensi yang sangat tinggi untuk berkembang menjadi banyak jenis sel yang berbeda di dalam tubuh. Stem sel juga biasa disebut sel punca, sel induk, sel batang. Sel punca juga berfungsi sebagai sistem perbaikan untuk mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak demi kelangsungan hidup organisme. Saat stem sel membelah, sel yang baru mempunyai potensi untuk tetap menjadi sel punca atau menjadi sel dari jenis lain dengan fungsi yang lebih khusus, misalnya sel otot, sel darah merah atau sel otak.

Pengertian STEM CELL secara khusus 

Stem cell adalah sel yang tidak/belum terspesialisasi yang mempunyai 2 sifat:
1. Kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi sel lain (differentiate). Dalam hal ini stem cell mampu berkembang menjadi berbagai jenis sel matang, misalnya sel saraf, sel otot jantung, sel otot rangka, sel pankreas, dan lain-lain.
2. Kemampuan untuk memperbaharui atau meregenerasi dirinya sendiri (self-regenerate/self-renew). Dalam hal ini stem cell dapat membuat salinan sel yang persis sama dengan dirinya melalui pembelahan sel.

1 komentar:

  1. Betway launches in Colorado - KLH
    The first 평택 출장마사지 major 김천 출장마사지 expansion to Betway in Colorado comes two years after the 영천 출장샵 company won the first US regulatory court in 2018. Colorado  Rating: 4.4 시흥 출장안마 · ‎947 reviews 포천 출장안마

    BalasHapus